Bunga Poppy Dalam Kehidupan Masyarakat Eropa


Ichikraft Poppy Flower Brooch - Photographed by Acik Mardhiyanti

Sudah pernah melihat bunga Poppy? Bagi kita yang berasal dari negeri tropis tentu sulit ya untuk menemui tanaman bunga yang satu ini. Saya/ penulis sendiri pertama kali melihat bunga Poppy hanya di Garden By The Bay Singapore. Saat itupun hanya satu bunga yang bisa saya jumpai disana. Bagaimana dengan masyrakat Eropa seperti Belgia, England, Perancis, dan lainnya? Bunga Poppy memiliki makna dalam kehidupan mereka. Bunga Poppy sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat Eropa.


Ichikraft Poppy flower brooch - Photographed by Acik Mardhiyanti

Bila kita hendak membicarakan tentang bunga-bunga, semua orang Eropa menyukai bunga dan tak jarang mereka bersuka cita untuk menanamnya saat musim semi tiba. Seperti kawan baik penulis yang merupakan warga Belgia dan Perancis, setiap jelang musim semi mereka antusias untuk mulai membeli biji maupun bulb bunga. Biasanya kawan baik penulis ini suka menanam bunga Dahlia, Petunia, Begonia, dan lainnya. Dihalaman rumahnya ada tanaman bunga Magnolia yang berbunga dengan cantik dan indah. Untuk mereka menanam bunga bukan hobi-hobian melainkan sudah menjadi bagian dari kehidupan mereka. 

Untuk masyarakat Eropa, banyak bunga-bunga yang menjadi simbol tertentu. Setiap bunga spesial misal bunga Crocus yang menandakan musim semi tiba, Christmas identik dengan Poinsettia. Nah dalam artikel ini saya ingin membahas bunga Poppy. Dimana bunga Poppy akan dikenakan sebagai pin/ brooch/ bros setiap tahunnya pada tanggal 11 November. Hari ini disebut atau dikenal dengan nama Remembrance Day, atau yang dikenal juga sebagai Poppy Day. Untuk apa sih? Untuk menghormati para tentara yang gugur dimedan perang saat Perang Dunia I, world War I. Remembrance Day ini menjadi hari libur national dinegara Perancis dan juga Belgium. 

Tradisi menggunakan atribut bunga Poppy untuk Remembrance Day asalnya dari England. Begitu kata seorang kawan penulis yang merupakan warga Peracis. Meskipun tradisinya berasal dari Inggris namun bunga Poppy sebagai simbol Remembrance Day ini juga tersebar di negara-negara Eropa lain salah satunya adalah Perancis. Karena para tentara yang gugur dalam medan Perang Dunia I tidak hanya dari pihak Inggris saja, tetapi juga dari negara-negara yang terlibat dalam Perang Dunia I. Dan salah satu tentara itu adalah kakek kawan penulis ini, tentara Perancis. Ya, dulunya saat perang dunia Perancis diinvansi Germany sebanyak 3 kali. Maka kemarin tanggal 11 November kawan penulis ini mengantarkan ibunya untuk mengikuti upacara Remembrance Day. 


Ichikraft Poppy flower brooch - Photographed by Acik Mardhiyanti / Acik Mdy

Kenapa menggunakan bunga Poppy untuk menghormati para tentara yang gugur dimedan Perang Dunia I? Bunga Poppy adalah simbol dari kematian. Seperti kata kawan penulis yang merupakan warga Belgia, ia mengatakan bahwa bunga Poppy warna merah, warna merahnya menandakan darah para tentara yang gugur dimedan perang. Dimana bunga inilah yang tumbuh dimedan perang setelah Perang Dunia I berakhir. Di Belgia, bunga Poppy ini banyak tumbuh diarea pekuburan para korban Perang Dunia I. Jenis bunga Poppy yang digunakan sebagai simbol ini adalah Papaver rhoeas. Ditambahkan dengan keterangan kawan penulis lainnya yang merupakan warga Perancis, untuk menggunakan bunga Poppy sebagai pin ini adalah pin/ bros bunga Poppy merah saja tanpa ditambahi daun atau aksesoris lain, mungkin ada buds/ kuncupnya. Jumlah bunga Poppy dalam setiap pin/ bros yang digunakan adalah berjumlah satu dan 3 bunga. Meskipun begitu, banyak daerah di Perancis yang menggunakan blue Cornflower (Bleuet de France) ketimbang bunga Poppy.

Itulah bagaimana sebuah bunga memiliki makna dalam kehidupan masyarakat Eropa. Salah satunya adalah bunga Poppy yang digunakan setiap tahunnya sebagai pin/ brroch/ bros untuk mengenang para tentara yang gugur dalam Perang Dunia I. Ya, bunga tidak hanya sekedar bunga saja tetapi sudah menjadi bagian dari kehidupan mereka, atau bisa disebut sudah menjadi tardisi/ budaya. Maknanya dalam, bukan? Remembrance Day 2019, Lest We Forget.

Note: If you want to see my Poppy flower design, you can visit my Etsy shop here https://www.etsy.com/shop/ichikraft  and find out behind the scene how we create a Poppy flower on Ichikraft YouTube channel here. 


Ichikaft YouTube channel, how to create a Poppy flower - Video creator, designer, business owner: Acik Mardhiyanti / Acik Mdy

Note:
  • Written by Acik Mardhiyanti / Acik Mdy
  • Photographed by Acik Mardhiyanti / Acik Mdy
  • Video creator, designer, business owner: Acik Mardhiyanti / Acik 
  • Video editor Rdz
  • Do not copy this article without permissions
  • Do not reuse these photographs anywhere else without permissions



No comments:

Post a Comment

After 2 Years of Stepping Down, Where is Ichikraft Now?

About two years ago, I made the decision that the Ichikraft Etsy shop closed temporarily. However, even until this day, I am still with the ...