Dapat Paket Hari Kemerdekaan? Apa Saja Isinya Ya?


Photographed by Acik Mardhiyanti

Paket hari kemerdekaan? Tentu saja dalam artikel ini penulis membicarakan hari kemerdekaan Singapura ya. Tahun ini pemerintah membagikan 1 paket hari kemerdekaan yang disebut "The NDP Singapore Together Pack" untuk warganya dalam rangka memperingati hari kemerdekaan tanggal 9 Agustus nanti. Kira-kira isinya apa saja ya? Penasaran ingin tahu apa isi paket hari kemerdekaan yang dibagikan ini, mari baca penjelasan selanjutnya dalam artikel ini 😉

Tahun ini istimewa dan beda dari tahun-tahun sebelumnya ya. Hal ini disebabkan oleh adanya krisis Coronavirus. Hari kemerdekaan biasanya sangat meriah dimana ditiap-tiap Community Club punya acara sendiri yang mengundang warga untuk datang memperingatinya. Seperti yang pernah kami ikuti, acara hari kemerdekaan di Community Club berlangsung sangat meriah kalau penulis bilang. Kita  dinner atau acara makan malam, datang, duduk dan makan dimeja yang sama. Selama makan-makan itu ada acara entertaiment juga. Sementara acara besarnya ya NDP itu sendiri yaitu The National Day Parade, kalau saya bilang luar biasa meriah dengan pertunjukan-pertunjukan yang luar biasa pula. Tapi tahun 2020 ini, NDP akan berbeda dimana parade ini dibatasi, hanya sekitar 300 partisipan saja yang boleh melihat acara secara langsung. Sementara untuk di Community Club, saya belum tahu ada acara makan malam atau tidak. Tapi nampaknya tidak ada sih mengingat di Singapura kita tidak boleh kumpul-kumpul alias gathering. 

Meskipun begitu, pemerintah Singapura memberikan satu paket untuk warganya. Siapa saja sih yang bisa mendapatkan paket ini? Tentunya saja Singaporeans dan Permanent Residents, satu rumahtangga atau household mendapatkan satu paket. Yup, benar sekali bahwa tidak semua orang bisa mendapatkannya. Bila kawan sekalian statusnya orang asing, mungkin pemegang visa kerja, visa pelajar, atau visa lainnya ya pasti tidak bisa mengambil paket ini sekalipun tinggal di Singapura. Harus penduduk yang boleh mengambil paket NDP ini. Karena untuk mengambil paket ini kita harus menunjukkan IC atau KTP namanya kalau di Indonesia.

Lantas, isinya apa saja sih paket hari kemerdekaan ini? Pastinya bukan paket sembako lho ya... Iya kalau begitu apa saja isi paketan ini? Paket ini diberikan dengan sebuah tas tote bag, didalam tas ini ada sebuah bendera tangan atau bendera kecil atau handheld national flag, bendera besar atau a full-sized national flag, face tattoo (pastinya temporari tattoo ya), iron-on patches, ada magnet kulkas, vouchers, satu minuman kaleng, satu bungkus snack (kami dapat potato chips), 1 buah termometer, 2 buah handsatitizer, 4 masker reuseable, dan 4 buah surgical mask. Bila melihat tote bag-nya itu ada gambarnya, dan gambar-gambar ini adalah hasil karya atau artwork dari artists dengan disabilities, serta 5 hasil karya anak-anak primary (setingkat SD kalau di Indonesia) yang mengikuti kompetisi selama circuit breaker atau partial lockdown. Jadi, ketika partial lockdown selama 2 bulan kemarin ada kompetisi menggambar untuk anak-anak primary yang diikuti oleh 1.200 peserta.


Photographed by Acik Mardhiyanti

Paket hari kemerdekaan ini bisa diambil di Residents' Committees atau RCs dan Community Club atau CCs dimana wilayah kita tinggal. Misal kita tinggal diwilayah A ya kita harus mengambil di RCs atau CCs wilayah A. Untuk di RCs mengambilan paket dimulai dari tanggal 20 Juli sampai 26 Juli, sementara di CCs jadwal pengambilan paket dimulai tanggal 20 Juli - 2 Agustus. Dan bisa diambil mulai pukul 10 pagi sampai 6 sore, hari libur atau public holiday tidak bisa diambil. 

Untuk kami, paket sudah diambil hari minggu lalu di RCs diwilayah tempat tinggal kami. Dan ya RCs kami hanya diblok seberang alias hanya digedung flat sebelah. Jadi tidaklah jauh. Buat penulis mendapatkan paket ini ya lumayan untuk persediaan karena dapat masker banyak dimana masker reuseable-nya ini adalah masker kain yang ada semacam coating-nya. Mungkin kalau kawan sekalian penasaran dengan masker ini bisa dicari dengan nama antimicrobial face mask. Masker jenis ini hanya cuci pakai sebanyak 30 saja dan mencucinya juga khusus tidak boleh disabun. Tapi sampai saat ini bila keluar kami selalunya menggunakan masker buatan sendiri, bisa dibaca artikel sebelumnya bagaimana penulis membuat masker 4 lapis dimana ada bahan non-woven didalamnya. Sementara handsanitizer juga pastinya sangat berguna, lumayan buat menambah persediaan. Selain itu saya suka dengan tote bag-nya, bahannya kuat bisa dipakai untuk membawa belanjaan. Oya, penulis belum sempat ambil gambar tote bag-nya karena langsung saya cuci dan belum kering. Ya, ini kebiasaan kami serta aturan dirumah kami karena adanya coronavirus dimana setiap barang dari luar masuk kedalam rumah akan kami langsung bersihkan (yang bisa didisinfektan kami disinfektan, yang bisa dicuci ya akan kami cuci). Jadi mungkin kalau sudah kering tas-nya baru bisa diambil gambarnya. 

Untuk bendera, bendera sudah berkibar sejak 25 April lalu didepan corridor kami. Kenapa sudah berkibar sejak April lalu? Ya ini sebagai tanda solidaritas kita, rasa persatuan kita dalam menghadapi krisis, maka bendera boleh dikibarkan 25 April sampai 30 Juni. Oleh karena pengibaran bendera setiap tahunnya dimulai 1 Juli sampai 30 September dalam rangka memperingati hari kemerdekaan, maka bendera tahun ini berkibar dari 25 April sampai 30 September. Happy National Day Singapore! We are strong together! 

Note:
  • Written by Acik Mardhiyanti 
  • Photographed by Acik Mardhiyanti
  • Do not copy this article without permissions
  • Do not reuse these photographs anywhere else without permissions


No comments:

Post a Comment

After 2 Years of Stepping Down, Where is Ichikraft Now?

About two years ago, I made the decision that the Ichikraft Etsy shop closed temporarily. However, even until this day, I am still with the ...