Mengenal Beragam Jajanan Imlek di Singapura


Beberapa Jajanan Chinese New Year di Singapura, Butter Pineapple Tart, Baulu, dan Taiwan Egg roll. Photographed by Acik Mardhiyanti / Acik Mdy

Horeee...Imlek sebentar lagi tiba. Di Singapura Imlek lebih dikenal dengan Lunar New Year atau Chinese New Year, biasa orang-orang hanya bilang "Happy New Year" tanpa embel-embel "Lunar" atau "Chinese". Kalau di Indonesia disebut lebaran Cina. Dimana-mana terasa sentuhan Imlek, dan ramainya pasar serta mall-mall. Segala macam hal yang berhubungan dengan Imlek ini dijual dimana-mana, tinggal pilih suka belanja dimana. Salah satu hal yang ramai dicari adalah jajanannya. Wah ini yang selalu kami tunggu, membeli jajanan Imlek. Ya, saya/ penulis sangat menyukai jajanan Imlek ini. Seperti apa jajanan Imlek di Singapura? Yuk, kita tengok satu-persatu.


Prawn Stick - Photographed by Acik Mardhiyanti / Acik Mdy

Setiap kali Imlek tiba saya/penulis juga antusias sama seperti warga sekitar. Saya/ penulis ikut bergembira dan senang dalam menyambut Lebaran Cina ini. Etnis Cina kah saya? Setiap orang yang bertemu dengan saya, bertemu dimana saja selalu berbicara dalam bahasa mandarin. Kata mereka rupa saya seperti orang Cina. Lantas etnis Cina kah saya? Untuk menjawab ini saya tidak bisa menjawab karena saya tidak tahu. Yang saya tahu kakek buyut adalah orang Belanda yang menurunkan rambut cokelat pada penulis. Kalau terlihat berwarna hitam itu artinya saya cat hitam rambutnya. Sementara nenek buyut saya tidak tahu apa benar-benar keturunan orang Cina, apa bukan. Mungkin punya darah campuran Cina bila direntet dari asal nenek buyut. Tidak tahu pasti, orang-orang yang hendak saya tanyai sudah meninggal sejak lama. Yang pasti tinggal di Singapura, kami jadi punya banyak lebaran, kalau Christmas (Natal) kami turut bersuka cita menyambutnya, Imlek juga kami turut berbahagia dalam menyambutnya, nah kalau Hari Raya Puasa (Hari Raya Aidil Fitri), kami juga merayakannya.


Prawn Cracker - Photographed by Acik Mardhiyanti / Acik Mdy

Kembali ketopik artikel, tentang Jajanan Imlek. Apa saja ya jajanan Imlek di Singapura? Patinya bermacam-macam. Kalau kue keranjang sudah pasti, ya, pernah saya tulis juga artikelnya diblog saya yang lain. Jajanan yang lain-lain, wuahh macamnya banyak dan beragam. Mari penulis kenalkan satu-persatu!

1. Pineapple Tart




Pineapple Tart, Photographed by Acik Mardhiyanti / Acik Mdy



Butter Pineapple, Photographed by Acik Mardhiyanti / Acik Mdy

Hhmm..Apa ya itu? Kalau kawan sekalian melihat gambarnya pasti langsung tahu, "oo..kue nastar!". Ya, di Indonesia orang biasa menyebutnya dengan kue nastar. Sama kan ya bentuknya, cuma di Singapura bentuk kue nastar atau Pineaaple Tart ini bentuknya lebih beragam, ada yang seperti bunga matahari, ada yang bentuk gulungan lonjong atau panjang. Kesukaan saya/ penulis yang bentuknya bunga ini, karena menurut saya cantik. Harganya beragam, mulai dari $ 5 sampai $ 15 bahkan $ 20 per toples. Jadi harga tergantung, mahal biasanya karena dibuat handmade. Bagaimana dengan rasanya? Rasanya enak, saya suka. Biasanya penulis kurang suka dengan kue-kue begini. Setelah di Singapura saya/ penulis jadi suka, karena menurut saya rasanya beda dari yang banyak dijual di Indonesia kalau pas Hari Raya Aidil Fitri. Mungkin bahannya ada yang berbeda, mungkin yang di Singapura bahan telurnya banyak, atau ditambah bahan butter. Yang pasti dengan penambahan bahan rasanya jadi agak berbeda dan lebih lezat.

2. Seaweed Crisps




Seaweed Crisps, Photographed by Acik Mardhiyanti / Acik Mdy

Apa ya ini? Seaweed crisps ini ya seaweed kering digoreng dengan tepung yang berbumbu. Ya, kakak sepupu penulis yang suaminya orang etnis Cina pasti membuat sendiri jajanan ini. Pernah kami sewaktu mengunjunginya, pulangnya kami dibawakan jajanan ini. Ya, membuat sendiri atau beli rasanya tidak jauh berbeda, sama menurut saya. Rasanya renyah dan terasa rasa seaweed-nya. Saya/ penulis biasa menggunakan nori (di Jepang), jadi saya tahu rasanya sama seperti nori tadi. Nah, biasanya kami jelang Imlek selalu membeli jajanan ini. Harganya sekitar $ 8 keatas sampai $ 10 keatas. Ya, biasanya dilihat dari bentuk wadahnya, atau toples yng digunakan biasanya harganya jadi beda dari yang satu dengan lainnya.

3. Arrow Head Crisps



Arrow Head Crisps, Photographed by Acik Mardhiyanti / Acik Mdy




Arrow Head Crisps, Photographed by Acik Mardhiaynti / Acik Mdy




Arrow Head Crisps, Photographed by Acik Mardhiyanti / Acik Mdy

Ini jajanan jenis apa ya? Dalam bahasa Indonesianya saya/ penulis tidak tahu, dan ada apa tidak di Indonesia. Tapi arrow head ini biasa tumbuh disawah-sawah, lhoo. Jadi ya mungkin ada di Indonesia, tapi mungkin kita tidak tahu namanya. Biasanya Jelang Chinese New Year, banyak yang jual arrow head baik yang masih mentahan, dan yang sudah jadi keripik seperti ini. Kalau mentah bentuknya bulat kecil-kecil. Biasanya satu toples harganya diatas $ 10. Kemarin saya beli harganya kurang lebih $ 13. Mahal, ya? Ya, ini salah satu jajanan Chinese New Year yang harganya mahal. Rasanya bagaimana? Rasanya gurih, renyah, dan terasa rasa khasnya, yaitu rasa arrow head. Biasanya dibumbu asin, tapi belakang dibumbu dengan salted egg.

4. Love Letter




Taiwan Egg roll. Photographed by Acik Mardhiyanti / Acik Mdy

Pasti kawan sekalian heran karena membaca namanya, jajanan jenis apa ini? Tapi kalau sudah lihat rupa dan bentuknya pasti kawan sekalian tahu. Ya, ini di Indonesia dulu jelang Hari Raya Aidil Fitri banyak dijual. Bahkan tetangga saya/ penulis suka membuat sendiri dirumah. Namanya kue semprong kalau tidak salah. Bentuknya tipis-tipis dan gurih rasanya. Saya suka dengan rasanya. Cuma sayangnya sekarang di Indonesia sudah tidak ada lagi jajanan seperti ini. Kata orang di Indonesia kue semprong ini jajanan orang kampung makanya sekarang sudah tidak ada lagi yang mau membuatnya. Padahal di Singapura ini adalah salah satu jajanan tradisional kesukaan semua orang. Dan sampai sekarang selalu banyak yang mencari dan membeli Love letter ini. Bahkan ada versi dari Taiwan-nya, ya, ada Love letter buatan Taiwan yang dijual jelang Chinese New Year dengan harga diatas $ 7. Mahal ya? Ya namanya jajanan yang hanya ada setahun sekali.

5. Prawn Roll




Prawn Roll, Photographed by Acik Mardhiyanti / Acik Mdy

Kalau kawan sekalian lihat rupa dan bentuknya, pasti langsung tahu kan jajanan jenis apa ini. Ya, di Indonesia juga banyak dijual, dan ada yang membuat sendiri dirumah jelang Lebaran Idul Fitri, kan? Sama jenis jajanannya, bentuknya gulungan diisi dengan udang. Nah, kalau di Singapura biasanya isi udangnya banyak dengan rasa pedas. Jadi ya rasanya gurih campur pedas, enak pokoknya. Harganya per toples antara $ 8 ketas samapi $ 10 keatas. Ya, harganya memang mahal karena udangnya sendiri sudah mahal, kan? Prawn Roll ini banyak dicari orang dan dibeli orang saat jelang Imlek. Nah, untuk saya/ penulis tahun ini kami tidak membeli prawn roll karena kemarin sewaktu kami membeli dua jenis jajajan Imlek, dapat gratis setoples prawn roll. 

6. Fish Skin 



Fish Skin - Photographed by Acik Mardhiyanti / Acik Mdy

Diartikan dalam bahasa Indonesia jadi kulit ikan. Di Indonesia kulit ikan juga dikenal sebagai makanan ringan atau jajanan. Biasanya kulit ikan kakap yang dibuat untuk bahan makanan ini. Di Singapura jajanan kulit ikan kakap ini juga dikenal oleh masyarakat. Biasanya saya/ penulis beli dipasar dan sudah dibungkus satu pack. Nah, saat Chinese New Year, jajanan kulit ikan ini juga dijual. Ada yang bumbu asin ada juga yang dibumbu dengan salted egg. Salted egg belakangan menjadi bumbu makanan yang lagi trend di Singapura. Apa-apa diberi bumbu Salted egg, tak terkecuali jajanan kulit ikan ini. Dan Singapura tidak hanya kulit ikan kakap saja yang digunakan untuk menjadi makanan ringan, tapi kulit ikan salmon juga digunakan untuk makanan ringan. Lantas berapa harganya jajanan yang terbuat dari kulit ikan kakap ini? Biasanya kalau tidak salah ya $ 10 keatas sih satu toples. Mungkin ada yang lebih murah $ 9 dengan toples yang berbeda ukuran. Dan maaf poto Fish Skin-nya belum ketemu, karena poto/ gambar yang saya ambil sudah mencapai ribuan.

7. Lotus Crisps




Lotus Crisps, Photographed by Acik Mardhiyanti / Acik Mdy

Lotus ya lotus dalam bahasa Indonesia, kawan sekalian pasti juga sudah tahu. Tapi satu hal yang saya/ penulis belum tahu bahwa lotus bisa dibuat keripik. Ya, tahun ini keripik lotus atau lotus crisps banyak dijual ditoko-toko jajanan atau kue. Ini termasuk jajanan baru, sepertinya baru tahun ini saya/ penulis menemui jajanan ini untuk perayaan Imlek atau Chinese New Year. Menarik, bukan? Ya, keripik lotus ini dibumbu asin saja. Rasanya? Oh rasanya unik karena mungkin rasa lotus itu sendiri. keras kah? Tidak, keripik lotus tidak keras, malah renyah sekali. Harganya berapa ya? Kemarin saya beli harganya $ 13 keatas. Mahal? Iya lumayan mahal harga jajanan Imlek ini.

8. Lotus Seeds





Lotus Seeds, Photographed by Acik Mardhiyanti / Acik Mdy

Heh...makanan ringan apa ya ini? Ya, benar sekali ini adalah biji bunga lotus. Rasanya enak, lhoo...Penulis sangat menyukai jajanan ini. Rasanya khas sekali. Kemarin saya/ penulis membeli biji lotus ini tapi sudah habis. Memang unik jajanan jenis ini ya, tidak keras dan memiliki rasa yang unik. Harganya berapa ya jajanan biji bunga lotus ini? Hmm..penulis agak lupa , mungkin sekitar $ 7 atau $ 8 satu toples kecil. Wadahnya kecil sekali ya... iya dengan wadah sekecil itu tapi harganya ya lumayan mahal juga.

9. Kuih Baulu


Kuih Baulu - Photographed by Acik Mardhiyanti / Acik Mdy

Apa ya itu kuih baulu? Ini juga salah satu jajanan di Indonesia juga lhoo. Saya/ penulis tidak tahu kawan sekalian kenal dengan kueh jenis ini atau tidak. Tapi yang pasti ini salah satu kueh traditional yang sering dibuat oleh nenek penulis sewaktu masih hidup. Biasanya dibuat untuk acara tertentu. Sama juga, di Singapura kueh ini adalah salah satu kueh tradisional dan pasti ada saat Imlek atau Chinese New Year. Harganya bervariasi, mulai dari $ 2 sampai diatas $ 8 satu toplesnya. Sepertinya yang diatas $ 10 juga ada. Tinggal pilih kita suka beli yang mana dengan harga berapa sesuai dengan kantong pastinya. Ya, kebutuhan Imlek pasti akan banyak mengeluarkan uang. Dan harus pinta-pintar dalam mengatur pengeluaran.

Selain diatas, masih ada banyak lagi jenis-jenis jajanan atau kue-kue Imlek lainnya di Singapura. Seperti kue biji pumkin, kue almon, kue bangkit, dan lain-lainnya. Sementara jenis jajan kacang-kacangan yang dijual juga banyak jenisnya, ada biji bunga matahari, biji pumkin, broad peas, kacang tanah, pistachio, biji-bijian lainnya yang pastinya jajanan biji ini juga penting harus ada dan dibeli saat Imlek tiba. Selain itu beragam manisan serta buah-buahan kering dijual saat menjelang Imlek atau Lunar New Year. Ya, kalau mau disebutkan satu-persatu jenis kue serta jajanan Imlek di Singapura jenisnya  banyak sekali, bisa sampai puluhan kalau mau disebutkan satu persatu. Tapi yang pasti dari kesemuanya itu, rata-rata jajanan diatas yang sudah penulis sebutkan sudah mewakili diantara banyaknya jajanan Imlek. Karena begitu banyaknya jajan saat jelang Imlek, penulis jadi sering membeli jajanan Imlek ini. Happy Chinese New Year 2019!

Baca juga artikel terkait lainnya, disini link-nya https://acikmdy-journey.blogspot.com/2020/01/ragam-kue-dan-jajanan-imlek-2020-di.html

Note:
  • Written by Acik Mardhiyanti/ Acik Mdy
  • Photographed by Acik Mardhiyanti / Acik Mdy
  • Do not copy this article without permissions
  • Do not reuse these photographs anywhere else without permissions


No comments:

Post a Comment

After 2 Years of Stepping Down, Where is Ichikraft Now?

About two years ago, I made the decision that the Ichikraft Etsy shop closed temporarily. However, even until this day, I am still with the ...