Chrysantemum Flower, Bunga Nasional Jepang

 download_20151113_220920

Chrysanthemum Flower - Photographed by Ryo Rakusui

Chrysanthemum flower, biasa kita sebut dengan nama bunga Krisan, kadang ada yang menyebutnya bunga aster. Dibeberapa negara orang biasa menyebutnya dengan Mums saja. Nah, taukah kawan sekalian, bahwa bunga krisan, atau Chrysanthemum flower, adalah bunga national Jepang. Iya, bunga yang biasa kita lihat ditempat penjual bunga potong itu adalah bunga national dari negeri matahari terbit, Jepang.

download_20151113_220913


download_20151113_220905

Chrysanthemum Flower - Photographed by Ryo Rakusui

Banyak orang mengira, bahwa bunga national negara Jepang adalah bunga Sakura, Cherry Blossom Flower. Hal ini adalah maklum karena dinegeri-nya Doraemon ini banyak tanaman pohon bunga Sakura, baik dipinggir jalan, maupun ditaman-taman yang bermekaran saat musim semi tiba. Maka tidak mengherankan, bila kebanyakan orang mengira, bila bunga national Jepang adalah Sakura. Termasuk penulis sendiri mengira bila, bunga national Jepang, ya Sakura. Tapi ternyata salah… Karena bunga nasional Jepang adalah Chrysanthemum flower. Hal ini diperkuat dengan timpalan kawan baik penulis yang merupakan warga negara Jepang sendiri. 


download_20151127_180617 (1)

Chrysanthemum Flower - Photographed by Ryo Rakusui


download_20151127_180627

Photographed by Ryo Rakusui

Pasti kawan sekalian pernah melihat bunga yang satu ini kan… entah tumbuh dihalaman rumah, diteras, atau mungkin melihatnya ditukang penjual tanaman sekitar rumah. Karena penulispun dulu sewaktu masih anak-anak sudah pernah menanamnya dihalaman rumah. Kebanyakan yang kita lihat, warna bunganya kuning,  putih, atau merah bata. Tapi ada juga yang berwarna lain, seperti warna pink, biru, ungu, burgundy, ataupun berwarna campuran, misal kuning dengan merah bata. Cantik bunganya, kan? Tapi harap berhati-hati bila ingin memberikan bunga krisan pada seseorang, karena bunga krisan dengan warna putih, di Jepang digunakan untuk pemakaman dan pertanda berduka cita. Bila hendak memberi seseorang baiknya yang berwarna merah, karena itu menandakan rasa sayang.

Bentuk atau varietas bunga krisan di Jepang sangatlah beragam. Seperti pada gambar-gambar (photo) dalam artikel ini. Tak hanya itu saja, ternyata besaran bunga Chrysanthemum ini beragam, ada yang kecil ada yang lebih besar, bahkan di Jepang besaran bunga krisan ini bisa sebesar atau selebar tangan orang dewasa. Wow! Fantastic dan menarik bukan? Itulah bunga krisan, Chrysanthemum Flower.

download_20151113_220916

Chrysanthemum flower - Photographed by Ryo Rakusui


download_20151113_220931

Chrysanthemum flower - Photographed by Ryo Rakusui

Kira-kira di Jepang, kapan waktunya bunga Krisan, Chrysanthemum Flower, ini mekar? Nah, bila bunga Sakura, Cherry Blossom Flower, mekar saat musim semi. Maka bunga Chrysanthemum ini, mulai mekar di bulan September. Bulan Septenber itu sudah memasuki musim gugur ya? Iya, benar sekali! Di jepang, masing-masing bunga bisa menjadi pertanda atau mempresentasikan musim. Salah satunya bunga krisan ini, bunga krisan (Chrysanthemum Flower) dianggap sebagai bunga musim gugur.

Bila menelusuri lebih lanjut, baik melalui buku maupun searching (pencarian melalui internet) di Google, bunga krisan, Chrysanthemum flower, adalah family dari Asteraceae, dari Kingdom Plantae. Bunga Chrysanthemum adalah bunga asli dari Asia dan Eropa bagian timur laut. Dan kebanyakan dari species ini berasal dari Asia Timur yaitu Cina.

download_20151127_180620

Photographed by Ryo Rakusui

download_20151129_155531

Chrysanthemum Flower - Photographed by Ryo Rakusui

Chrysanthemum flower, digunakan sebagai lambang/ segel dari kekaisaran Jepang, yang disebut dengan nama Chrysanthemum Seal (Kikumon) atau Chrysanthemum Flower Seal, dalam bahasa Jepang disebut dengan Kikukamon). Tahu maksud dari lambang/ segel? Supaya mudah dimengerti, lambang bisa diartikan sebagai sebuah logo. Dan yang boleh menggunakannya adalah kaisar serta anggota keluarga kaisar. Bila orang lain atau pihak tertentu menggunakannya bagaimana? Misal kuil Shinto, ya mereka memodifikasi jumlah dari daun bunga (petal). Begitulah yang penulis baca-baca dari internet.

image_20151112184046724

Chrysanthemum flower - Photographed by Ryo Rakusui


download_20151127_180624

Photographed by Ryo Rakusui

Logo bunga Chrysanthemum yang digunakan oleh kaisar Jepang, ada 16 daun bunga (petals) didepan, serta ada 16 daun bunga (petals) lagi dibelakang. Berwarna kuning/ orange, dengan background berwarna merah. Anggota keluarga kaisar lainnya menggunakan 14 single petals. Sementara 16 single petals, digunakan untuk perintahan, kita bisa melihatnya pada paspor dari negara Jepang. Yang pada intinya, dengan adanya segel/ logo bunga krisan, hal ini untuk menunjukkan atau merepresentasikan otoritas dari pada kaisar.

image_20151121132144090

Chrysanthemum flower - Photographed by Ryo Rakusui


download_20151127_180630


Chrysanthemum flower - Photographed by Ryo Rakusui

download_20151129_155524

Chrysanthemum flower - Photographed by Ryo Rakusui

Dengan membaca sedikit penjelasan diatas, maka sudah jelas kan, bahwa bunga nasional negara Jepang adalah bunga krisan, yang disebut dengan Chrysanthemum flower, bukan bunga Sakura (Cherry Blossom Flower). Meskipun bunga Sakura adalah representasi dari negara Jepang.  Mengapa demikian? Karena bunga krisan ini digunakan sebagai segel kekaisaran Jepang. Begitulah yang penulis pahami dari penjelasan dari seorang kawan yang merupakan warga negara Jepang.

download_20151127_180634

Chrysanthemum flower - Photographed by Ryo Rakusui


download_20151113_220909

Chrysanthemum flower - Ryo Rakusui

Banyak tumbuh bunga Sakura, Cherry Blossom Flower di Jepang, tapi bukan berarti bunga Sakura sebagai bunga nasional Jepang. Karena, yang merepresentasikan dari pada Kaisar adalah Chrysanthemum Flower. Semoga dengan tulisan singkat ini dapat menambah wawasan kita tentang negara Jepang. Termasuk dapat mengetahui bunga nasional dari negara matahari terbit itu, yaitu Jepang.

download_20151113_220928

Photographed by Ryo Rakusui

Note:
  • Written by Acik Mdy / Acik Mardhiyanti – Penulis Acik Mdy / Acik Mardhiyanti
  • Photographed by Ryo Rakusui
  • Do not copy this article without permissions – Dilarang untuk meng-copy paste tulisan/ artikel ini tanpa ijin, apalagi mengakui tulisan/ artikel ini sebagai hasil karyanya
  • Do not reuse these photographs anywhere else without permissions – Dilarang untuk mengambil/ mencuri gambar/ poto yang ada dalam tulisan/ artikel ini

No comments:

Post a Comment

After 2 Years of Stepping Down, Where is Ichikraft Now?

About two years ago, I made the decision that the Ichikraft Etsy shop closed temporarily. However, even until this day, I am still with the ...