Ini "Senjata" Seorang Ibu Rumahtangga Untuk Melawan Coronavirus


Disinfektan dan beragam antibakterial produk dirumah kami - Photographed by Acik Mardhiyanti

Rame-rame orang memborong produk disinfektan dan beragam produk antibakterial disupermarket. Ini tentu saja karena adanya virus COVID-19 atau Coronavirus. Terutama saat panic buying, percayalah segala macam produk antibaterial dari yang cair, spray, sampai berupa tisu basah habis semua. Mau beli di grocery online saja susah, habis terus. Nah, kira-kira produk antibaterial atau disinfektan apa saja sih yang saya beli untuk melawan virus COVID-19?

Kalau melihat gambar pertama diatas, itulah produk-produk disinfektan dan antibaterial yang ada dirumah kami. Untuk saya yang notabene adalah seorang ibu rumahtangga produk-produk diatas bukanlah barang baru. Artinya sebelum adanya ramai-ramai Coronavirus, tiap bulan saya sudah membeli produk disinfektan dan antibakterial diatas. Segala macam produk itu tiap bulan saya beli untuk membersihkan rumah. Huh? Sebanyak itu? Iya sebanyak itulah produk disinfektan dan antibakterial yang ada dirumah kami dan selalu dibeli tiap bulan. Jadi bukan hoarded atau menimbun ya, tetapi semua itu saya beli sekaligus sebulan sekali untuk kebutuhan selama satu bulan. Saya itu tidak suka membeli kebutuhan nyicil-nyicil, kecuali sayur dan buah segar yang tidak bisa dibeli sebulan sekali. Nah, yang baru saya beli itu produk antibakterial dari Tesco, saya beli itu karena saya mau coba, kira-kira bagus mana dengan produk yang biasa dipakai.


Clorox disinfectant wipes - Photographed by Acik Mardhiyanti 

Produk disinfektan dan antibakterial yang saya beli itu apa saja sih? Sebelumnya saya tegaskan ya, disini saya itu bukan bermaksud meng-iklankan merk-merk produk yang saya beli lho ya, disini saya hanya memberi gambaran saja, kalau bersih-bersih rumah pakai disinfektan dan antibakterial, masalah merk ya tergantung masing-masing orang mau pakai merk apa. Produk yang saya beli itu ada Clorox disinfectant wet wipes, ini produk disinfektan dibeli untuk membersihkan litter kucing saya. Yup, kucing saya itu tidak pernah sekalipun keluar rumah, pipis dan pup ya pakai litter. Ada kalanya saya pakai Clorox wet wipes ini untuk membersihkan beberapa surface dikamar mandi. Sebenarnya Clorox disinfectant wet wipes ini bisa dipakai untuk membersihkan semua surface lho, multifungsi gitu, bisa untuk melap meja makan, counter dapur, toilet, sink, dll... Cuma saya lebih suka memakai surface wipes dari Magiclean dan produk antibakterial lain misal bamboo organic wipes dari  Cloversoft untuk membersihkan meja makan, counter dapur, lap kulkas, oven, meja kerja dll. Selain Magiclean dan Cloversoft tadi saya juga suka memakai multi-surface dari method. Multi-surface dari method  ini non-toxic dan plant-based. Untuk sekitaran tempat tidur kucing kami tiap hari dibersihkan dengan method ini. Sementara dari Tesco multi-surface ini juga saya/ penulis gunakan untuk melap meja makan, meja kerja, counter dapur, juga untuk membersihkan yang lain misal melap kulkas. Jadi intinya saya itu dirumah pakai Clorox disinfectant wet wipes untuk melap tempat-tempat yang sekiranya banyak germ-nya misal litter kucing kami, dan kamar mandi/ toilet. Sementara untuk tempat-tempat yang sekiranya sering dipakai, misal meja makan, itu memakai produk antibakterial yang lebih natural atau plant-based. Kenapa demikian? Karena saya sendiri mudah alergi, produk berbahan keras disini contohnya produk Clorox untuk saya tidak bisa, panas dan bisa gatal-gatal dikulit saya. Kucing kami pun sama, kulitnya mudah alergi, itu kenapa penulis memakai produk method untuk membersihkan sekitar tempat tidurnya/ tempat hang out-nya. Produk Clorox lain yang dipakai dirumah itu Clorox untuk membersihkan toilet bowl, Clorox ini antibakterial dan bleach.


Isopropyl alcohol, Eucalyptus natural disinfectant, Dettol disinfectant - Photographed by Acik Mardhiyanti

Selain produk disinfektan dan antibakterial diatas, kami pun biasa membeli disinfektan Dettol. Ini biasanya dipakai untuk merendam kain keset, alas tidur kucing kami, baju-nya kucing kami, serta untuk kegunaan lainnya bila dibutuhkan. Nah, untuk mengepel lantai Dettol ini bagus juga, tapi untuk mengepel lantai sudah hampir 2 tahunan ini biasa menggunakan Magiclean wet wipe, dan dry wipe. Magiclean wet wipes ini antibakterial juga. Sementara kalau kita menggunakan dry clean-nya atau dry wipe Magiclean ini ya sama seperti kita memakai vacuum cleaner. Nah sekarang saya lagi pakai Tesco anti bac floor wipes untuk megepel lantai, untuk yang ini saya lagi coba produknya bagus tidaknya karena Magiclean wet wiper (wet wipes dan dry wipes) harganya mahal, kalau Tesco anti bac floor wipes bagus ya bisa pakai ke-duanya untuk gantian.

Produk disinfektan lain yang saya gunakan dirumah adalah Natural disinfectant eucalyptus dari Natur.oil yang berupa semprot atau spray. Ini biasanya sih digunakan untuk menyemprot tempat litter kucing kami, bisa tempat tidurnya juga, dan dipakai untuk disemprot didalam kamar mandi, dalam rak sepatu (rak sepatu kami berupa lemari), juga untuk semprot ruangan bila dibutuhkan. Produk lain yang ada dirumah kami itu alkohol atau isopropyl alcohol, ini juga disinfektan. Alkohol ini memang saya punya terus dirumah karena bisa digunakan untuk melap toilet, juga untuk lampu alkohol penulis. Yup, lampu alkohol untuk membakar pita/ membentuk pita-pita. Untuk keperluan kebersihan kamar mandi biasanya saya punya produk antibakterial lain, wajib harus punya tiga yaitu, Magiclean bathroom, Harpic active cleaning gel, Magiclean stain&Mold, ketiganya tentu saja membunuh kuman-kuman. Tambahan lainnya untuk kebersihan kamar mandi dan toilet bisa pakai alkohol atau Clorox disinfectant wipes.


Magiclean wiper (wet wipes and dry wipes) - Photographed by Acik Mardhiyanti


Tesco anti-bac floor wipes, and Tesco multi-surface wipes - Photographed by Acik Mardhiyanti

Itulah "senjata" seorang ibu rumahtangga seperti saya dirumah untuk membasmi kuman-kuman serta bakteri dirumah dimana semua produk disinfektan dan antibakterial itu sudah menjadi produk harian dirumah kami, yang artinya tiap bulan selalu dibeli sejak sebelum adanya Coronavirus. Dan sekarang sedang ramai virus COVID-19, untuk saya yang setiap hari biasa membersihkan rumah, saya tidak kaget bila harus setiap hari membersihkan rumah agar terhindar dari Coronavirus. Karena menjaga kebersihan rumah sudah menjadi pekerjaan harian untuk saya. Mungkin ada orang berpikir kalau ibu rumahtangga itu tidak punya kerja ya karena cuma dirumah setiap hari. Tapi lihatlah sekarang setelah ramai adanya virus COVID-19 atau Coronavirus, pekerjaan seorang ibu rumahtangga terlihat jelas sangat berperan besar dalam melawan Coronavirus. Kenapa? Karena agar terhindar dari virus COVID-19 kita harus jaga kebersihan, kebersihan diri dan kebersihan rumah kita. Dan yang namanya membersihkan rumah buat saya bukan cuma nyapu dan cuci piring, tetapi setiap hari rumah ya dipel, pakaian dicuci tiap hari, semua surface dilap, alas kaki/ keset-keset dicuci rutin, sampai tempat tidur kucing dan sekitarnya pun saya lap. Sekarang pekerjaan saya bertambah yaitu mendisinfektan handle pintu atau door knob, handle gate, switch atau apa ya bahasa Indonesianya, kalau tidak salah saklar lampu, remote (segala macam remote dilap dengan disinfektan) mulai remote AC, kipas angin, TV, dll.. 


Disinfecting wipes, antibacterial wipes - Photographed by Acik Mardhiyanti

Banyak betul ya produk disinfektan dan antibakterial yang ada dirumah kami? Yup, memang sebanyak itulah produk disinfektan dan antibaterial produk yang selalu ada dirumah. Kemarin ketika orang-orang punic buying membeli produk-produk disinfektan dan antibakterial karena takut Coronavirus, saya dirumah cuma tenag-tenag aja, karena dirumah sudah selalu tersedia dan biasanya beli sekaligus untuk satu bulan. Waktu itu alkohol dimana-dimana habis dan kosong, dirumah saya masih punya persediaan alkohol satu botol. Semua antibakterial tissue habis dan kosong ditoko, saya masih punya dirumah persediaannya. Segala macam produk disinfektan kosong semua ditoko lah saya dirumah masih punya persediaannya seperti disinfektan Dettol dan Clorox disinfectant. Itu semua berkat dari kebiasaan saya sebelum tahun COVID-19 terbiasa membeli produk disinfektan dan antibakterial untuk membersihkan rumah setiap hari.😊


3 produk wajib dikamar mandi dan toilet, Magiclean stain, and mold, Harpic active gel, magiclean bathroom - Photographed by Acik Mardhiyanti

Dan sebenarnya kalau mau hemat kita ya cukup beli produk bleach saja, itu malah multi fungsi, bisa dipakai untuk pel, lap surface termasuk meja makan, dll... Setahu penulis orang-orang Amerika suka pakai produk bleach ini. Ya bagus dan hemat, satu produk bisa dipakai untuk segala macam. Atau cukup membeli disinfektan dari Dettol juga sudah cukup karena produknya multi fungsi. Tapi untuk saya/ penulis, saya itu kulitnya sensitif dan mudah alergi, kucing saya pun kulitnya mudah alergi, jadi saya tidak bisa pakai produk bleach, dan tidak bisa pakai sembarang produk.  


Method multi-surface - Photographed by Acik Mardhiyanti

Pesan saya untuk kawan sekalian, janganlah panik apalagi berlebih sampai harus menguras supermarket. Paling penting adalah jaga kebersihan, kebersihan diri, tempat tinggal kita, dan tidak lupa makan sehat. Bersih-bersih rumah setiap hari jangan cuma karena ada virus COVID-19 atau Coronavirus, makan sehat jangan cuma karena adanya Coronavirus atau karena diet. Sudah seharusnya kita ini harus jaga kebersihan, kebersihan diri dan keluarga, kebersihan tempat tinggal, makan sehat, itu semua sudah sepatutnya menjadi bagian dari kehidupan kita. Stay safe, stay calm, and do not panic buying. Stay strong! 👊

Note:
  • Written by Acik Mardhiyanti / Acik Mdy
  • Photographed by Acik Mardhiyanti / Acik Mdy
  • Do not copy this article without permissions
  • Do not reuse these photographs anywhere else without permissions

No comments:

Post a Comment

After 2 Years of Stepping Down, Where is Ichikraft Now?

About two years ago, I made the decision that the Ichikraft Etsy shop closed temporarily. However, even until this day, I am still with the ...