Mudahnya Membuat Hand Sanitizer Sendiri Dirumah


Ichikraft's hand sanitizer (hasil buatan sendiri) - Photographed by Acik Mardhiyanti

Emangnya bisa ya membuat hand sanitizer sendiri dirumah? Tentu saja bisa! Caranya pun ternyata gampang kok. Bagaimana caranya membuat sanitizer atau cuci tangan tanpa sabun ini, dan bahannya yang digunakan apa saja? Untuk kawan sekalian yang ingin membuat hand sanitizer sendiri bisa simak paragraf selanjutnya. Karena membuat sendiri tentu saja kita jadi tahu bahan yang digunakan, jadi kita merasa aman menggunakannya.

Sudah pada tahu ya, bahwa adanya kasus Covid-19 di Singapura membuat orang jadi lebih sering membeli hand sanitizer ini. Padahal sih sebenarnya cuci tangan dengan sabun selama 20 detik sudah cukup, artinya ya pakai sabun cuci tangan dulu, tapi bila tidak ada air baru memakai hand sanitizer. Tetapi yang terjadi nampaknya hand sanitizer lebih banyak permintaan dipasar ketimbang sabun cuci tangan. Orang lebih suka membeli sabun cuci tangan tanpa air ini. Jadilah sabun cuci tangan masih tersedia dipasaran, sementara hand sanitizer lebih sering kosongnya, baik ditoko-toko farmasi/ toko obat maupun di supermarket-supermarket diawal tahun 2020.

Baru hari sabtu minggu kemarin ini saya memutuskan untuk membuat hand sanitizer sendiri. Kenapa saya memutuskan untuk membuatnya sendiri? Alasan pertama, suami penulis membutuhkannya karena ia travel dari rumah ke kantornya/ tempat kerja (sebelum kerja dari rumah jadi standart). Selama diperjalanan tentu membutuhkan hand sanitizer, dipakai sebelum naik transportasi umum (baik bus dan kereta), dan memakainya lagi setelah turun dari MRT. Sementara selama dikantor ya cukup menggunakan sabun cuci tangan. Alasan ke-2, saya membuatnya karena saya lebih suka membuatnya sendiri karena saya tahu bahan apa yang digunakan untuk membuat hand sanitizer ini, jadi saya merasa lebih aman. Selain itu, dipasaran barang ini yaitu hand sanitizer, saat ini lebih sering kosong baik ditoko farmasi/ toko obat serta supermarket-supermarket, karena begitu di stock bisa langsung dibeli orang dan langsung habis diawal tahun 2020 ini. Bahkan banyak orang rela mau mengantri hanya untuk mendapatkan hand sanitizer, padahal harganya bisa 2 kali lipat dari harga biasanya. Alasan lainnya, saya lebih suka berhemat, kalau bisa membuatnya sendiri dirumah kenapa saya harus membelinya... Maklum saya ini ibu rumahtangga yang punya banyak pertimbangan untuk membeli sesuatu. Ya itu tadi, kalau bisa membuat sendiri kenapa saya harus membelinya?

Kalau begitu, gampang atau sulit sih membuat hand sanitizer ini? Mungkin diluar sana ada banyak resep-resep untuk membuat hand sanitizer ini, karena tentu saja ada banyak orang yang barangkali menulisnya juga seperti saya. Dan dalam artikel ini adalah resep hand sanitizer dari saya, Ichikraft's hand sanitizer. Inilah resep hand sanitizer yang saya buat dirumah. 

Bahan:


Bahan Ichikraft's hand sanitizer, aloe vera gel, tea tree oil, witch hazel, lavender oil - Photographed by Acik Mardhiyanti
  • 50 ml -60 ml aloe vera gel
  • 1/4 - 1/2 sendok makan Witch hazel
  • 2 tetes Tea tree oil
  • 5 - 10 tetes lavender oil
Cara membuatnya:
  • Cara membuatnya gampang sekali, tinggal dicampurkan saja semua bahan. diaduk-aduk sampai rata. Kemudian masukkan kedalam botol kecil ukuran 50 ml. Dan siap pakai 😊
Semudah itu kan membuatnya? Jawabannya adalah IYA! Wow kan, mudah, simple, dan tidak ribet.  Nah bila kawan pembaca sekalian ingin menambahkan vitamin E oil, maka lebih bagus lagi. Berhubung kemarin saya tidak beli vitamin E oil, jadi hand sanitizer saya untuk saat ini tanpa vitamin E oil. Tapi nanti mungkin minggu depan kalau sudah membelinya, ya saya/ penulis pasti menambahkan vitamin E oil. 

Kenapa sih saya menggunakan bahan-bahan diatas untuk membuat hand sanitizer dirumah? Tentu saja sebagai seorang ibu rumahtangga saya punya alasan mengapa saya memilih bahan-bahan diatas untuk membuat DIY hand sanitizer. Dalam melakukan sesuatu atau ingin membuat sesuatu tentu saya ingin menggunakan bahan yang boleh dikatakan aman untuk keluarga saya. Saya tidak mau memakai bahan yang mungkin membahayakan keluarga saya. Oleh karenanya saya suka menggunakan bahan/ material diatas. Karena apa yang dimakan dan dipakai oleh keluarga saya, aman atau tidaknya, itu sudah menjadi tugas dan kewajiban saya/ penulis untuk menelitinya atau mencaritahunya dulu. 

Tea tree oil adalah bahan alami untuk antibakteri/ membunuh bakteri berbahaya, jamur, juga kuman-kuman. Witch hazel sendiri juga antibakteri dimana ada kandungan alkohol dalam witch hazel ini.  Secara alami tanaman Witch hazel mengandung 8% sampai 12% alkohol. Kemudian setelah penyaringan/ menyulingan alkohol Witch hazel ini sekitar 14% sampai 15 %. Singkat cerita, Witch Hazel adalah alkohol alami. Sementara aloe vera juga membunuh kuman-kuman atau germ-killing. Manfaat lainnya dari aloe vera tentu saja untuk melembabkan kulit. Lah saya tidak mau bila suami saya memakai hand sanitizer sering-sering kulitnya jadi kering. Maka dari itu saya suka dengan bahan aloe vera ini. Nanti kalau sudah membeli vitamin E oil, maka bahan ini akan saya tambahkan yaitu hanya 1 atau 2 tetes saja cukup. Kalau lavender oil bagaimana, apakah ada kandungan yang menguntungkan? Lavender oil juga merupakan antibakteri, membunuh jamur, juga membunuh virus-virus. Manfaat lainnya bila menggunakan Lavender oil dalam hand sanitizer yang kita buat tentu saja keharuman yang kita dapatkan. Itulah manfaat yang bisa didapat bila menggunakan bahan-bahan ini untuk membuat hand sanitizer. 



Hand sanitizer hasil buatan sendiri - Photographed by Acik Mardhiyanti / Acik Mdy

Dirumah saya/ penulis bahan-bahan pembuatan hand sanitizer ini sebenarnya sudah ada. Karena dirumah saya itu terbiasa menyediakan lavender oil, tea tree oil. Artinya barang ini sudah menjadi kebutuhan harian, misal lavender oil ini bisa dipakai bila merasa pusing-pusing, kadang suka saya bawa kalau pergi jauh atau travel keluar. Tea tree oil sendiri dirumah ada persediaan karena saya pakai misal untuk campuran dengan shampoo untuk menghilangkan ketombe. Bahkan dirumah kami pun punya persediaan alkohol yaitu isopropyl alcohol yang saya gunakan untuk melap toilet juga untuk lampu alkohol yang saya pakai untuk membakar/ membentuk bunga-bunga pita. Yup! isopropyl alcohol bisa menjadi bahan untuk pembuatan DIY hand sanitizer juga. Nah witch hazel ini baru saya beli waktu akan membuat sanitizer kemarin minggu. Sebelumnya saya/ penulis belum pernah membelinya sebagai persediaan untuk kebutuhan dirumah. Sementara aloe vera gel sebenarnya bukan barang baru dirumah, karena kadang-kadang membelinya untuk kebutuhan dirumah. Jadi sebenarnya saya sudah tidak asing dengan bahan-bahan pembuatan hand sanitizer diatas karena beberapa bahan ternyata saya sudah punya dirumah. Tapi saya memilih menggunakan witch hazel ketimbang isopropyl alcohol. 

Kalau ingin menggunakan 2 bahan saja juga bisa menghasilkan homemade hand sanitizer.

Bahan: alkohol paling tidak 70 % dan aloe vera gel

Takarannya: adalah alkohol separuh lebih banyak dari aloe vera gel-nya. Misal 150 ml alkohol, dan 70 ml aloe vera gel. Dua bahan dicampur, diaduk-aduk, dan TA DA...jadi siap untuk dipakai!🤩

Bagaimana, tertarik untuk membuat hand sanitizer sendiri dirumah? Buat saya dari pada beli-beli hand sanitizer ditoko, kalau bisa membuat sendiri dirumah ya saya lebih suka membuat sendiri. Memang sih awalnya membeli bahan-bahan diatas ada biayanya, apalagi tea tree oil dan lavender oil harganya lumayan mahal. Tapi dengan bahan-bahan itu saya bisa membuat hand sanitizer berkali-kali, karena kan tidak habis dalam sekali pembuatan. Atau beli patungan bareng tetangga supaya biaya lebih hemat.😉 Selamat mencoba! 😊

Note:
  • Written by Acik Mardhiyanti
  • Photographed by Acik Mardhiyanti 
  • Do not copy this article without permissions
  • Do not reuse these photographs anywhere else without permissions

No comments:

Post a Comment

After 2 Years of Stepping Down, Where is Ichikraft Now?

About two years ago, I made the decision that the Ichikraft Etsy shop closed temporarily. However, even until this day, I am still with the ...