Maneki-Neko, Patung Kucing Pembawa Keberuntungan

20150521_150645

Siapa yang suka dengan hewan bernama “kucing”? Atau sudah memelihara kucing dirumah? Orang Jepang sangat menyukai kucing dan kebanyakan dari mereka  memeliharanya dirumah. Sampai-sampai ada sebuah figure (patung) kucing yang disebut dengan Maneki-neko. Ya, maneki-neko, yang dipercayakan akan membawa sebuah keberuntungan bagi pemiliknya. Percaya atau tidak?

Apa itu maneki-neko? Seperti gambar yang ada dalam tulisan ini, itulah yang disebut sebagai maneki-neko, yaitu kucing pemangil/ memanggil, dan biasanya terbuat dari keramik. Digambarkan berbentuk kucing, mengenakan kalung berwarna merah serta dilengkapi dengan bel. Sementara tangan sebelah kanan-nya (kaki depan sebelah kanan) diangkat seperti orang melambai. Bahkan kita bisa menjumpainya dibeberapa tempat, patung kucing ini memiliki  batrei didalamnya, sehingga tangan kucing yang diangkat itu bergoyang-goyang melambai seolah-olah memanggil.

Bila kebetulan melihat disuatu tempat, entah ditoko penjual souvenir, toko kelontong, toko buku dan toko-toko lainnya, maupun mungkin sedang berkunjung kerumah seseorang, dan menjumpai figure (patung) kucing dengan sedikit agak berbeda, jangan merasa heran dan ragu untuk menyebutnya sebagai Maneki-neko. Mengapa? Maneki-neko, warnanya tidaklah selalu hitam, tangan yang melambaipun tidak selalu tangan kanan, begitupun dengan pelengkap lainnya, ada juga yang memegang koin.

Maneki-neko, memiliki beberapa warna, ada yang berwarna hitam seperti gambar diatas, warna emas, putih, dan kadang-kadang ada yang berwarna merah. Tapi, untuk warna merah ini penulis sendiri belum pernah melihatnya. Maneki-neko dengan warna putih adalah yang paling sering dijumpai. Warna-warna dari Maneki-neko inipun memiliki arti tersendiri. Warna putih untuk keberuntungan secara keseluruhan, warna hitam untuk kesehatan serta menjauhkan dari roh-roh jahat, dan warna emas untuk keberuntungan dalam hal keuangan. Patung kucing keberuntungan ini punya warna lain tidak ya? Ada, ada yang berwarna biru, hijau, dan pink. Untuk warna-warna ini penulis belum pernah melihatnya. Warna biru, dan hijau dipercaya membawa kesuksesan dalam bidang akademik. Sementara warna pink, untuk membawa keberuntungan/ kesuksesan dalam hal percintaan.

Tak hanya hal warna saja yang berbeda, kita juga bisa menjumapai Maneki-neko dengan gaya yang berbeda. Ada yang mengangkat tangan sebelah kanan seperti gambar diatas, ada pula tangan sebelah kiri yang diangkat. Namun tak jarang kita menjumpai Figure kucing keberuntungan ini mengangkat kedua tangannya (untuk hal ini bukan hal yang biasa) penulis belum pernah menjumpai untuk hal yang satu ini. Patung kucing dengan mengangkat tangan sebelah kiri dipercaya akan mendatangkan pelanggan, sementara yang mengangkat tangan sebelah kanan dipercaya akan membawa keberutungan dan kesejahteraan. Tak jarang pula sebagian orang akan memiliki pendapat yang berkebalikan. Namun apapun itu, patung kucing atau  Maneki-neko, dipercaya akan membawa keberuntungan, kesejateraan serta kesuksesan. 

Bila kita pergi kesebuah toko, kadang kita melihat patung kucing ini kan? Biasanya diletakkan didepan, yaitu etalase toko bagian depan. Tujuannya apa? Dengan diletakkan patung kucing didepan pintu masuk toko, tujuannya agar ramai pembeli datang dan keberuntungan akan selalu menyertai sang pemilik toko. Atau, biasanya patung kucing keberuntungan ini diletakkan dimeja belajar. Dengan diletakkan dimeja belajar, dipercaya akan membawa kesuksesan dalam hal akademik. Itulah sebuah kepercayaan yang merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat Jepang.

Begitulah sekelumit cerita tentang sebuah patung kucing di Jepang. Penulispun mendapatkan figure (patung) kucing ini dari seorang kawan baik di Jepang yang mengirimkannya beberapa bulan lalu. Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan kawan-kawan sekalian yang ingin mengetahui makna patung kucing dinegara Jepang.

Note / Catatan :

  • Written by Acik Mdy / Acik Mardhiyanti – Penulis Acik Mdy / Acik Mardhiyanti
  • Photographed by Acik Mdy / Acik Mardhiyanti
  • Do not copy this article without permissions – Dilarang untuk meng-copy paste artikel/ tulisan ini tanpa seijin penulis
  • Do not reuse this photograph without permissions – Dilarang untuk mengambil gambar/ poto dalam artikel/ tulisan ini tanpa seijin penulis

No comments:

Post a Comment

After 2 Years of Stepping Down, Where is Ichikraft Now?

About two years ago, I made the decision that the Ichikraft Etsy shop closed temporarily. However, even until this day, I am still with the ...