Persediaan Obat-obatan Yang Harus Tersedia Dirumah

Obat-obatan yang tersedia dirumah kami - Photographed by Acik Mardhiyanti

Punya persediaan obat-obatan dirumah? Ada baiknya bila kita memiliki persediaan obat dirumah guna mengatasi keadaan darurat, misal: sakit panas mendadak tengah malam. Nah, bila kawan sekalian belum mencatat obat-obatan yang harus dibeli untuk persediaan dirumah, mulailah sekarang juga agar sesegera mungkin memasukkannya dalam daftar list belanjaan bulanan ( bagi yang berbelanja bulanan). Apa saja sih jenis obat yang harus tersedia dirumah?

Pernah tiba-tiba pusing, atau tiba-tiba diare padahal klinik belum buka? Bila kawan sekalian pernah mengalaminya pasti hal ini membuat kita sesaat panik bila tidak punya persediaan obat, bukan? Memiliki stock obat dirumah itu penting untuk meredakan sakit yang datang tiba-tiba sebelum mengunjungi klinik dan berjumpa dokter. Lantas apa saja obat-obatan yang harus tersedia dirumah sebagai stock dikala dibutuhkan itu? Ada jenis obat dalam yang harus diminum dan obat luar yang cuma digunakan diluar badan kita misal: cream atau balsem.

Jenis obat dalam atau yang harus dimunum sebagai persediaan dirumah:
  • Obat untuk demam
Obat jenis ini penting harus punya dirumah. Bagi penulis suka memiliki persediaan ibuprofen karena obat ini cepat bekerja dan bisa multifungsi. Misal, demam tiba-tiba bisa minum ini, atau merasa pusing atau migran bisa langsung minum ini. Atau dikala mengalami capek badan berlebih, minum ibuprofen juga ampuh. Selain itu bila kita mengalami cold/ dingin meriang karena flu bisa minum obat ini juga. Karena multifungsi itu saya selalu memiliki persediaannya dirumah. 

Sebenarnya kalau tidak punya ibuprofen bisa juga menggantinya dengan paracetamol. Tapi penulis lebih suka ibuprofen. Kemarin-kemarin saya punya persediaan paracetamol, tapi sampai kadaluarsa masih utuh atau tidak diminum dikala demam. Ya, kami dirumah lebih suka ibuprofen.
  • Obat untuk diare dan gangguan pencernaan
Macam-macam ya jenis obat untuk diare dan gangguan pencernaan ini. Dan saya suka memiliki jenis obat ini dan pastinya memiliki kandungan sodium bicarbonate. Fungsinya apa sih sodium bicarbonate ini? Fungsinya adalah untuk meredakan gangguan asam lambung, dan maag. Kalau ngomongin merk penulis sangat suka Gaviscon double action karena cepat bekerja. Contohnya: setelah makan-makanan bersantan atau misal makan pedas atau sedang diluar rumah dan makan-makanan yang tidak berkenan diperut, biasanya perut penulis terasa sakit bahkan bisa diare, disaat inilah minum Gaviscon double action. Biasanya langsung reda dan tidak jadi mules perut saya. Dan itu cepat sekali bekerja. Nah semisal tidak ada obat jenis ini untuk diare dan gangguan pencernaan, ya bisa diganti dengan jenis obat lainnya sebagai pengganti, misal yang mengandung carbo activatus (Norit) dimana fungsi dari carbo activatus ini yang kurang lebih sama untuk meredakan diare, kelebihan gas, dan gangguan pencernaan.
  • Obat batuk
Nah, obat batuk ini macam-macam ya, ada untuk batuk kering dan juga batuk berdahak. Silahkan pilih mana yang cocok untuk kawan sekalian. Dan belilah sebagai persediaan dirumah. Kalau saya sih sebenarnya suka obat batuk alami yaitu peras jeruk nipis/ lime/ lemon, satu sendok air lime/ lemon ditambah kecap sedikit (sedikit sekali) langsung diminum 3 kali sehari. Biasanya batuk reda. Itu bapak penulis yang mengajarinya. Tapi sayang sekali, jarang-jarang saya minum air jeruk nipis dengan kecap ini karena tidak pernah punya kecap dirumah. Tapi, kalau minum air lemon/ lime dirumah sering malahan membuatnya. Kecap diganti madu pun tidak bisa karena saya alergi madu.
  • Obat Sakit Tenggorokan
Biasanya entah dikarenakan makanan atau yang lain kadang kita mengalami infeksi tenggorokan dan mulut. Nah, untuk penulis, kami punya persediaan untuk mengatasi sakit tenggorokan ini yaitu obat kumur dari Betadine. Eits, beda dengan yang untuk luka lhoo ya. Obat kumur dari Betadine ini mengandung Povidone-iodine untuk membunuh kuman dan bakteri. Selain itu dirumah kami juga tersedia Lozanges, Apa itu Lozenges? Biasanya kami beli lozanges merk Strepsils karena mengandung vitamin C, dan bisa meredakan sakit tenggorokan, dan hidung tersumbat juga. Strepsils ini mengandung bahan aktif Dichlorobenzyl alcohol yaitu mild antiseptik yang mampu membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi tenggorokan tadi, dan Amylmetacresol yaitu antiseptik untuk mengatasi infeksi mulut dan tenggorokan tadi.

Punya obat untuk sakit tenggorokan ini penting juga bagi penulis. Adakalanya diwaktu-waktu tertentu saya kadang mendadak sakit tenggorokan karena makan gorengan yang beli dari luar (tidak bikin sendiri dirumah). Jadi, ya harus punya persediaannya.
  • Obat Alergi
Ya, setelah pindah domisili di Singapura penulis jadi tahu sedikit banyak tentang alergi. Dan saya adalah salah satu orang yang memiliki alergi itu. Alergi lingkungan (bisa cuaca panas, udara lembab, air, debu), kemudian alergi makanan (bisa madu (pollen), kacang tanah, kepiting, udang). Dan mungkin juga saya alergi dengan daging. Ya benar sekali saya ini dari sejak jaman kecil (umur 7 tahun kurang lebih) saya mulai mual bila makan daging (baik daging ayam, bebek, sapi, kamping). Huh? Memang ada alergi karena daging? Ada! Maka dari itu jangan pernah sediakan menu daging didepan saya karena saya tidak akan memakannya. Nah, alergi dikarenakan lingkungan dan makanan misal: madu dan kepiting, itu membuat kulit saya gatal dan parahnya bisa sampai seperti hives, terutama pollen dan kepiting. Jadi, karena memiliki alergi itu penulis selalu punya namanya Loratadine yaitu antihistamine. Kalau tidak punya obat ini saya susah karena sering mengalami alergi. Dan punya Loratadine ini juga bisa diminum kala mengalami bersin-bersin.

Itulah beberapa jenis obat dalam atau harus diminum yang mesti harus punya persediaannya dirumah. Sebenarnya dirumah kami masih ada jenis obat-obat dalam lainnya yaitu: obat sembelit, obat untuk sakit-sakit badan, vitamin C, Glucosamine (obat dalam/ diminum) untuk kami diminum kala lutut sakit karena kekurangan Glucosamine. Ya, kira-kira itulah jenis-jenis obat-obatan dalam atau diminum yang harus punya persediaannya dirumah kami.

Nah, sekarang jenis obat-obatan luar. Penting juga kah untuk memiliki persediannya dirumah? Menurut saya sih ya harus punya juga dirumah. Bila tetiba membutuhkannya bisa langsung menggunakannya tanpa harus pergi dulu ketoko obat. Lantas apa saja jenis obat luar yang harus masuk daftar list stock? Inilah beberapa jenisnya:

Obat-obatan luar perssediaan dirumah kami - Photographed by Acik Mardhiyanti
  • Obat luka
Kadang-kadang dirumah kita terluka, apalagi saya yang biasa masak kadang kena pisau kadang kegores panci dll... penting punya obat luka dirumah. Biasanya sih Betadine yang mengandung bahan aktif Povidone-iodine. Bisa jenis spray atau cair. Atau cream luka dari Dettol dimana salah satu bahan aktifnya adalah Chroloxylenol (untuk mendisinfektan kulit). Nah, punya obat luka biasanya dibarengi dengan plester luka tentunya. Ini pun kudu punya persediannya dirumah. Dan kami pun punya namanya alcohol swabs. Kalau punya luka bisa langsung di-swab pakai ini lebih praktis tapi bakal pedih sekali. 
  • Cream, minyak, untuk sakit-sakit badan
Untuk jenis obat cream ini macam-macam ya, kawan sekalian bisa pilih dan membelinya sebagai persediaan misal balsam. Kalau kami dirumah suka punya persediaan cream Counterpain yang bisa dipakai untuk sakit-sakit otot, persendian, dll. Kalau mau ya punya minyak kayu putih yang bisa dipakai kala perut kembung. 
  • Cream dan bedak gatal
Wajib untuk penulis yang memiliki kulit sensitive untuk punya persediaan cream gatal ini terutama untuk mengatasi alergi tadi. Saya suka menyediakan Derma - Anti-Itch shoothing cream. Selain itu punya bedak untuk gatal juga yang bisa dipakai ketika kulit mengalami iritasi. Selain itu penulis punya jenis lainnya yaitu Calamol Lotion yang mengandung Calamine untuk mengatasi gatal-gatal ringan mungkin karena kulit kering, iritasi, juga terbakar sinar matahari. 
  • Obat mata
Nah, untuk obat mata ini banyak sekali ya bisa dipilih mana yang cocok dan keinginan kawan sekalian. Buat penulis obat tetes mata ini penting juga untuk memilikinya sebagai persediaan dirumah karena adakalanya benar-benar butuh.

Itulah jenis-jenis obat-obatan luar yang seharusnya punya persediaannya dirumah. Untuk kami tidak hanya itu saja, jenis patch atau orang Indonesia bilangnya salonpas/ koyo. Ini dirumah kami punya macam-macam ada untuk punggung, pinggang, leher, bahkan untuk telapak kaki pun punya. Kami punya persediaan obat luar sebanyak itu ya karena kebutuhan. Memang terkadang tidak butuh-butuh sekali misal: obat tetes mata. Tapi begitu butuh itu penting sekali. Jadi, ya harus punya dirumah.

Punya persediaan obat dirumah? Sudah seharusnya ya punya persediaan obat-obatan dirumah untuk mengatasi sakit yang mendadak misal: demam mendadak atau pusing. Nah, kita butuh persediaan obat untuk meredakannya sementara sebelum pergi berjumpa dokter. Huh, sudah punya obat sebanyak itu masih butuh ke dokter? Iya, kalau kami masih butuh ke dokter untuk konsultasi lebih lanjut. Bagaimana dengan kawan sekalian? Kalau belum punya list-nya segera masukkan daftar list belanja rutin untuk dibeli sebagai persediaan.

Note:
  • Written by Acik Mardhiyanti
  • Photographed by Acik Mardhiyanti
  • Do not copy this article without permissions
  • Do not reuse these photographs anywhere else without permissions


No comments:

Post a Comment

After 2 Years of Stepping Down, Where is Ichikraft Now?

About two years ago, I made the decision that the Ichikraft Etsy shop closed temporarily. However, even until this day, I am still with the ...